Cara Menyemai Bibit Hidroponik Tanaman Sayur

Cara Menyemai Bibit Hidroponik Tanaman Sayur

Sebenarnya cara menyemai bibit hidroponik sayuran secara konvensionl dengan hidroponik tidak jauh berbeda,  hanya saja menyemai dengan teknik hidroponik ada beberapa media khusus yang di pergunakan dan dperhatikan agar hasil maksimal.

Tanaman apa saja yang bisa di tanam dengan teknik hidroponik??

Sebenarnya hampir semua jenis sayur bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik, namun meninggat durasi masa panen yang tidak sama di antara semua saur maka di sarankan untuk menanam sayuran yang memiliki durai masa panen tidak lebih dari 120-150 hari untuk meminimalkan biaya oprasional.

Meddia apa saja yang bisa digunakan untuk menyemai sayur hidroponik??

Ada banyak media yang  bisa digunakan jadi media semai tanamn hidroponik, tetapi yang lumrah di gunakan adalah rockwool, busa sofa dan sekam padi.

Berikut Akan Kita Ulas Bersama Cara Menyemai Bibit Hidroponik Sayuran.

Beberapa Cara Menyemai Bibit Hidroponik:

  • Pilih bibit unggul dengan persentasi gagal tidak lebih dari 15% (biasanya ada keterangan di kemasan ketika membeli bibid)
  • Potong rockwool/busa sofa kurang lebi 2,5 cm x 2,5 cm (untuk yang menggunakan media rockwool/busa sofa) dan masukan dalam wadah/ tampan, untuk yang menggunakan sekam padi, masukan sekam padi pada wadah sejenis tampan dan ratakan dengan ketebalan kurang lebih 2,5 cm dan basahkan media tersebut.

  • Lobangi meida diatas menggunakan tusuk gigi (liat gambar)
  • Masukan bibit semai ke lobang yang ada di media tanam.
  • Beri air secukupnya untuk mejaga kelembapan media tanam, disarankan air jangan melebihi ¼ dari rockwool/busa sofa dan pehatikan air setiap hari.

  • Letakan semaian dibawah matahari langsung setiap hari dengan durasi kurang lebih 6-8 jam per hari.
  • Gunakan hanya air biasa (dengan pH air normal) ketika semian berumur 1 hari setelah semai (HSS) samapi dengan hari ke 7, ketika semain berumur 8 HSS berikan nutrisi redah antara 150 -200 ppm sampai daun ketiga tumbuh.
  • Setelah daun ketiga dan ke empat tumbuh maka semaian siap untuk pidah tanam ke sistem hidroponik.

 

Demikian beberapa tahapan ddan tips menyemai sayur hidroponik, terus berkarya dan membangun negeri jangan berhenti dan menyerah sebelum impian tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *